Gedung yang sekarang dikenal Gedung Balai Budaya dulu nya adalah Eks Gedung Pendapa Kewedanan Pandeglang. Gedung terletak di Jalan KH. Abdul Halim, Kelurahan  Pandeglang, Kecamatan Pandeglang tepat di pusat Kota Pandeglang, yang berjarak sekitar 23 Km dari Pusat Ibu Kota Provinsi Banten. Sehingga sangat mudah di akses oleh semua jenis kendaraan karena letak gedung ini yang memang sangat strategis dekat dengan Alun-alun Kota Pandeglang.

Bangunan ini diperkirakan dibangun pada tahun 1848, dan kini di alih fungsikan sebagai Gedung Bale Budaya Kabupaten Pandeglang. Ciri kolonial yang tampak pada bangunan ini yakni atap yang berbentuk limasan, memiliki selasar yang diberi atap tambahan, jendela dan pintu yang berukuran besar dan tinggi dengan engsel dorong.

Pada mulanya gedung ini digunakan sebagai gedung dinas wedana. Berdiri diatas lahan seluas 1500 m2 dengan luas bangunan 20 m10 m.  ditopang oleh pondasi massif setinggi 40 cm yang terbuat dari batu bata.

Saat ini Gedung Bale Budaya difungsikan sebagai tempat kegiatan-kegiatan seperti pekan seni dan budaya atau bahkan festival-festival seni.

Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan